Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Mencegah Masuknya Corona, PT. Angkasa Pura I (Persero) Intens Semprotkan Disinfektan

0 8.509

KORANTIMOR.COM – KUPANGBandara Eltari Kupang intens melakukan disinfektan di seluruh area Bandara Eltari Kupang, khususnya terhadap seluruh fasilitas yang sering digunakan para pengguna jasa angkutan udara Bandara Eltari Kupang untuk mencegah masuknya Virus Corona (Covid 19). Kegiatan tersebut rutin dilakukan dua kali seminggu dengan melibatkan mitra-mitra terkait seperti Dinas Kesehatan yakni Karangtina Kesehatan Pelabuhan dan karyarawan PT. Angkasa Pura I hingga para porter Bandara dalam kegiatan bersih-bersih.

Petugas PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Eltari sedang melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar area bandara, khususnya fasilitas bandara yang sering digunakan para pengguna jasa layanan transportasi udara Eltari Kupang (Jumat, 13/3/2020)

Demikian penyampaian  General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Eltari Kupang, Barata Singgih Riwahono melalui siaran pers/press release Nomor 7/SP/HM.02/2020/KOE.MS pada Jumat (13/3/2020) di Kupang.

“Sejak menyebarnya Virus Corona di beberapa tempat di Luar Negeri dan di Dalam Negeri, kami pihak Bandara Eltari Kupang telah melakukan berbagai upaya pencegahan masuknya virus Corona atau Covid 19 melalui kegiatan disinfektan. Kegiatan tersebut merupakan tindakan nyata dari kami sebagai Pengelola Bandara. Khusus hari ini [Jumat, 13/3/2020, red], seluruh komunitas Bandara kami ajak untuk melakukan pembersihan mulai dari Airlines, Ground Handling, seluruh anak perusahaan, bahkan para porter pun ikut melakukan pembersihan,” ujarnya.

Karyawan PT. Angkasa Pura I Bandara Eltari dan porter bandara sedang melakukan aksi bersih-bersih di sekitar lingkungan Bandara Eltari Kupang

Barata kami mengungkapkan bahwa sarana yang digunakan dalam kegiatan disinfektan masih berifat manual dan  dan kerena itu mereka bekerjasama dengan Dinas Kesehatan yakni Karantina Kesehatan Pelabuhan untuk melakukan penyemprotan larutan desinfektan.

General Manager PT. Angkasa Pura I itu juga menjelaskan bahwa kegiatan disinfektan akan dilakukan setiap hari sampai virus Corona benar-benar hilang. Ia mengharapkan masyarakat, terutama seluruh komunitas Bandara Eltari Kupang dapat membangun budaya bersih di lingkungan kerja masing-masing.

Proses desinfeksi sendiri ditujukan untuk membersihkan sejumlah fasilitas terminal yang sering dipergunakan oleh pengguna jasa, yaitu tray atau wadah bagasi penumpang pada mesin pemindai bagasi di Screening Check Point (SCP), meja check-in counter, trolley bagasi, bangku dan tempat duduk penumpang di boarding lounge dan boarding gate, tombol flush pada toilet, switch dan keran wastafel, fasilitas penanganan bagasi, fasilitas internet corner, ruangan musholla, keran air minum, kids zone, tempat sampah hingga bangunan Cargo

“Pengguna jasa bandar udara sangat sering bersentuhan tangan langsung dengan fasilitas tersebut. Untuk itu, kami bersihkan dengan mekanisme desinfeksi ini untuk mengurangi risiko serta potensi penularan Virus Corona melalui Bandara. Kami juga menghimbau agar selalu mencuci tangan serta menggunakan hand sanitizer sesering mungkin serta mengenakan masker jika sedang batuk atau pilek ,atau sedang dalam masa penyembuhan,” tandasnya.

Barata juga mengungkapkan bahwa untuk saat ini di Bandara Eltari Kupang telah dilengkapi dengan ruang isolasi, jika ada orang atau penumpang yang teridentifikasi suspect Corona. “Jadi jika dilapangan terdapat penumpang yang teridentifikasi suspect corona, kami langsung bawa ke ruang isolasi untuk ditindak lanjuti,” Ujar dr. Fani Djubina, Dokter KKP yang bertugas di Bandara Eltari Kupang.

Sementara itu pihak Karantina Kesehatan sendiri telah menyediakan kurang lebih 17 alat penyemprotan dengan persediaan 50 jeringen ukuran 5 liter untuk desinfektan. Khusus untuk Bandara El Tari terdapat 4 alat penyemprotan dengan cairan yang tidak dibatasi, jika diperlukan sewaktu-waktu. Program penyemprotan disinfektan akan dilakukan 2 (dua) kali seminggu diluar proses desinfektan secara manual atau jika ada kasus penularan. (kt/)

Comments
Loading...