Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Pembukaan Copa Paman Sam Nanti Bertepatan Dengan Ultah Gubernur NTT Ke-55

0 87

KORANTIMOR.COM – KUPANGCopa Paman Sam [17-22/2/2020] akan memperebutkan 3 piala yakni Piala Paman Sam [julukan Sam Haning], piala Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan piala Wakapolda NTT, Joni Asadoma. Tujuan utamanya memasyarakatkan olah raga [futsal] dan mengolahragakan masyarakat agar sehat. Juga membuat semua masyarakat bersaudara dan bersatu melalui olahraga. Pembukaan Copa Paman Sam tanggal 17 Februari 2020 nanti akan bertepatan dengan Ultah Gubernur NTT ke-55.

Sam Haning Bersama awak media saat jumpa pers di Transmart Kupang (9/2/2020)

Demikian petikan hasil jumpa pers tim media bersama Samuel Haning alias Paman Sam pada Senin [9/2/2020] di Solaria-Transmart Kupang.

Paman Sam menjelaskan adanya pertandingan futsal Copa Paman Sam lahir dari rekap terhadap berbagai aspirasi masyarakat Kota Kupang. Selain itu ada aspirasi kelompok perempuan/ibu-ibu yang menghendaki adanya tarian/senam Zumba selain futsal. Jadi selain futsal juga ada zumba dan dance masuk dalam bagian kegiatan yang turut dipertontonkan.

Adanya kegiatan ini  bermaskud agar masyarakat Kota kupang sehat melalui cara yang sehat dan murah meriah yakni berolahraga. “Sehat tidak mengeluarkan biaya besar, kecuali kalau sakit membutuhkan banyak biaya; baik itu biaya  ke Rumah Sakit maupun obat. Bahkan ke dokter saja minimal biayanya Rp 100.000 dan itu baru hanya hanya omong-omong saja, belum lagi biaya yang lain.” Jelas Paman Sam.

Sam Haning mengharapkan semua warga Kota Kupang hadir untuk memeriahkan kegiatan ini. Kita berolahraga dan zumba bersama dan akan dilakukan setiap malam sepanjang even tersebut berlangsung [17-22/2/2020]. Di dalamnya akan dinilai siapa-siapa yang terbaik; entah itu di futsal maupun di zumba dsb.

“Melalui momentum ini juga akan direkomendasikan para pemain terbaik, khususnya anak sekolah. Mereka akan ditampung di  kampus UPG 45, khususnya bagian jurusan PJKR untuk dibina sesuai bakat; baik untuk yang bakat sepak bola, tinju, kempo, dsb. Biaya pendidikan mereka free karena mereka berprestasi. Copa Paman Sam bekerjasama dengan UPG 45 untuk memberi advokasi pendidikan bagi anak berprestasi tetapi kurang mampu secara ekonomi.” Ujar Paman Sam.

Momentum tersebut bisa dilihat juga sebagai literasi olah raga; bola kaki, voley, tinju, kempo, tenis meja, basket, dsb.

Paman Sam juga mengungkapkan bahwa pembukaan Copa Paman Sam tanggal 17 Februari akan bertepatan dengan Ultah Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat ke-55.

Ditanyai, ‘apakah Copa Paman Sam punya kaitan dengan tujuan Politik Pemilihan Wali Kota Tahun 2022 mendatang’, Paman Sam menyanggah itu bukan tujuan utama. “Politik itu urusan kemudian tetapi tujuan utama kita ialah  memotivasi masyarakat untuk berolahraga dan sehat raga dan jiwa. Kita mengajak semua warga Kota Kupang untuk bersatu dan bersaudara melalui olah raga. Copa Paman Sam  ingin membuat semua orang/berbagai suku bangsa bersaudara melalui olah raga. Kotong anak Kupang, mari kita bangun Kota Kupang.” Ujar Paman Sam sambil tersenyum.

Terkait ini Sam Haning mengungkapkan akan ada Yayasan Paman Sam ada di Kupang yang ingin mempertunjukan kepada masyarakat berbagai jenis olah raga. Di bukan April 2020 nanti akan ada pertandingan tinju; entah dilaksanakan di Kupang atau dimana di NTT. Sementara ini AD/ART dan akte Yayasan Copa Paman Sam digodok.

Yayasan Paman Sam nanti hadir untuk membantu masyarakat; entah itu dibidang pendidikan maupun bidang kesehatan; terutama olah raga. Kita hadir untuk mengolahragakan masyarakat agar masyarakat sehat.

Paman Sam dan timnya akan berusaha bagaimana agar orang yang tidak tamat sekolah [baik SD dan SMP maupun SMA] diadvokasi melalui pendidikan nonformal. “Misalnya kampung khusus warga binaan bahasa Inggris dan kita menghendaki ini ada diseluruh wilayah NTT.” Papar Paman Sam.

Mengakhiri konfrensi persnya tersebut, Paman Sam dan Sekjen Copa Paman Sam, Patrick Juang, menginformasikan bahwa sejauh ini persiapan menjelang pembukaan Copa Paman Sam tanggal 17 Februari 2020 sudah 92% dan Semua ready on play.

“Peserta ada 55 group futsal dan zumba. Jumlah 55 tersebut menurut Sam dan Patrick angka istimewa karena momentum pembukaan Copa Paman Sam akan bertepatan dengan Ulang Tahun Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat ke-55.” Ujar Paman Sam dan Patrick sambil tersenyum. [kt/kos]

Comments
Loading...