Edukatif, Investigatif, Faktual, Berimbang

Bantu Masyarakat Tak Mampu, Emanuel Bria dan LBH Surya NTT Buka Layanan Bantuan Hukum Gratis

0 113

KORANTIMOR.COM – MALAKA – Pengurus DPP Partai Kebangkitan Bangsa yang juga Bakal Calon Bupati Malaka periode 2020 – 2025, Emanuel Bria, peduli keadilan bagi masyarakat kecil yang tak mendapat hak pelayanan hukum yang selayaknya. Sebagai bukti Ia [EB] menandatangani perjanjian kerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum  [LBH] Surya NTT Cabang Kabupaten Malaka dan Belu untuk membuka layanan dan pendampingan hukum gratis bagi masyarakat Kabupaten Malaka. Penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut berlangsung pada Senin [10/2/2020], bertempat di Kantor LBH Surya NTT di Jl Betun – Besikama Bakiruk, Malaka Tengah.

Calon Bupati Malaka 2020-2025 Emanuel Bria alias EB [kiri] dan Primus Klau, SH Dimomentum Penandatanganan Kerjasama Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Malaka [Senin, 10/2/2020]                                                                 
Sebagai putera asli Malaka dan turunan Raja Rabasa, Emanuel Bria merasakan keprihatinan mendalam ketika menyaksikan penderitaan masyarakat kecil di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, yang karena kurang mendapat pelayanan hukum terhadap masalah-masalah yang dialami.

Salah satu persoalan yang menjadi sorotan EB, julukan Emanuel adalah masalah tanah yang diserobot kelompok tertentu secara semena-mena hingga masalah penebangan hutan secara sembarangan.

EB melihat hal ini sebagai persoalan hukum serius dimana ada hak-hak masyarakat yang diabaikan dan terkait ini ada program khusus yang sudah bisa diakses oleh masyarakat Kabupaten Malaka.

Program yang dimaksud adalah bantuan layanan dan pendampingan hukum secara gratis. Program ini terlaksana berkat kerja sama EB dengan Lembaga Bantuan Hukum Surya NTT Cabang Kabupaten Malaka dan Belu, di bawah pimpinan Advokat Priskus Klau, S.H. atau yang akrab disapa Primus.

Ditemui saat penandatangan MOU antara EB dan LBH Surya NTT di Jl Betun – Besikama Bakiruk, Malaka Tengah, EB dan Primus mengutarakan antusias ingin menolong masyarakat kecil dengan niat yang murni dan tulus tanpa embel-embel kepentingan pribadi.

“LBH Surya NTT pun memang selama ini betul-betul lebih banyak memberi perhatian kepada masyarakat kecil. Oleh karena itu niat baik EB untuk menyentuh hati masyarakat kecil dari sisi layanan kemanusiaan dan keadilan diterimanya tanpa banyak pertimbangan.” Tandas Primus.

Bagi pengacara muda di Kabupaten Malaka dan Belu ini, urusan kemanusiaan adalah persoalan yang tidak bisa tidak dilakukan apalagi di tengah kondisi masyarakat yang mengalami banyak ketidakadilan, namun seolah-olah terus diabaikan oleh pemerintah.

Resmi menandatangani MOU untuk kerja sama dengan LBH Surya NTT, EB meyakini bahwa program ini akan efekif menciptakan keadilan di tengah masyarakat, asalkan masyarakat mau membuka diri dan jujur akan masalah hukum yang tengah dihadapi.

Senada dengan EB, Advokat Priskus Klau SH menegaskan bahwa masalah hukum apapun bisa diselesaikan jika kita mau berjuang dan adanya kerja sama yang baik antara masyarakat dengan Lembaga Hukum Surya NTT. Oleh karena itu Pengacara muda dengan sapaan Primus ini menganjurkan agar masyarakat yang sedang mengalami ketidakdilan harus berani bersuara, untuk memperjuangkan hak-hak nya yang selama ini ditindas dan dikebiri oleh kelompok tertentu. [kt]

Comments
Loading...